Sabtu, 16 Juni 2012

13 Tahun Tragedi KKA, Keluarga Korban Ziarah Makan Saddam Husen

LHOKSEUMAWE- Memperingati 13 tahun tragedi Simpang KKA, Komunitas Korban Pelanggaran HAM Aceh Utara (K2HAU) bersama puluhan pegiat Hak Asasi Manusia berziarah ke makam Saddam Husen di Dusun Batee Timoh Gampong Keude Krueng Geukuh, Dewantara, Aceh Utara, Rabu pagi, 2 Mei 2012.
Saddam Husen adalah salah satu korban tragedi berdarah Simpang KKA, Dewantara, Aceh Utara pada 3 Mei 1999. Saddam Husen yang berusia tujuh tahun, ketika itu, tengah menemani ibunya, Fauziah, berjualan pisang goreng. Bocah kelas satu Sekolah Dasar Inpres Krueng Geukuh ini syahid setelah diterjang peluru.
Sebelum ke makam Saddam Husen, pihak K2HAU bersama Forsika, KDAU, FKMA, PCC Aceh, ICTJ, KontraS Aceh, RPuK dan Sepakat yang tergabung dalam panitia bersama peringatan 13 tahun tragedi Simpang KKA, menggelar doa bersama di balai dekat kuburan umum di Dusun Batee Timoh Gampong Keude Krueng Geukuh itu.
Doa bersama dan ziarah makam Saddam Husen ikut dihadiri Fauziah, 52 tahun, ibu kandung almarhum Saddam Husen. Sebelum doa bersama dimulai, Ketua K2HAU Murtala menyampaikan kronologis kejadian meninggalnya Saddam Husein 13 tahun lalu. Kata Murtala, insiden Simpang KKA pada Senin 3 Mei 1999 silam menewaskan 21 warga dan 156 orang luka-luka.
Entah karena tak kuasa menahan haru, teungku imum yang akan memimpin doa, ikut menangis mendengar kisah tentang tragedi pelanggaran HAM tersebut.
“Doa bersama yang dilanjutkan ziarah ke kuburan Saddam Husein, yang kita laksanakan tadi merupakan rangkaian kegiatan memperingati 13 tahun peristiwa  Simpang KKA. Acara puncak akan kami laksanakan besok, (3 Mei 12), di Simpang KKA,” kata Koordinator Komunitas Demokrasi Aceh Utara (KDAU) Muhammad Usman yang akrab disapa Osama kepada The Atjeh Post, usai kegiatan ziarah ke makam Saddam Husen.
Menurut Osama, acara puncak memperingati 13 tahun tragedi Simpang KKA pada Kamis besok bakal diisi dengan beberapa kegiatan, yaitu orasi politik korban, pembagian selebaran, tanggapan pihak pemerintah baik Pemerintah Aceh Utara maupun Pemerintah Aceh yang diundang oleh panitia. Selain itu, besok juga ada doa bersama.[]

Dimuat di atjehpost.com, 02 Mei 2012

0 komentar:

Posting Komentar